Laman

Senin, 08 Februari 2016

Memperbaiki Keyboard dan mouse PS2


Keyboard komputer adalah salah satu perangkat input yang digunakan untuk menuliskan perintah melalui aksara dan angka ke dalam layar monitor yang sebelumnya perintah tersebut diolah secara elektronis oleh Central Processing Unit (CPU). Bentuk keyboard secara umum sama dengan tombol pada mesin ketik, perbedaannya adalah jumlah tombol keyboard untuk aksara, angka dan perintah lainnya lebih banyak dari pada yang terdapat pada mesin ketik. Data atau perintah dapat dimasukkan ke dalam komputer melalui keyboard. Jadi keyboard merupakan penghubung antara manusia dan komputer.
Mouse adalah sebuah perangkat keras input yang terhubung ke komputer baik melalui kabel / nirkabel. Mouse digunakan untuk melakukan kegiatan yang disebut dengan: klik (memilih item), double klik (membuka file), klik tahan dan geser / drag drop (memindahkan item) dan klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah.
> Berfungsi untuk menggulung (scrolling) layar dengan menggunakan roda scroll
> Mendeteksi gerakan 2 dimensi secara relatif terhadap posisinya sekarang.
> Membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat. Terlebih bagi kita yang sering melakukan aktivitas mengedit foto atau membuat desain.
> Memperbesar atau juga memperkecil tampilan worksheet
> Mengaktifkan command button dan juga melakukan suatu aksi tertentu pada aplikasi
> Untuk perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse berfungsi sebagai tombol enter
> Mouse juga bisa berfungsi sebagai pengontrol perbesaran tampilan objek
> Mouse juga mampu berfungsi melakukan konversi dan isntruksi ke dalam bentuk sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh komputer.
Oleh karena itu keyboard dan mouse adalah hardware yang sangat penting keberadaannya dalam penggunaan komputer. Kita akan merasa jengkel apabila keyboard ataupun mouse kita tidak bisa digunakan alias rusak. Membeli lagi yang baru adalah cara yang paling mudah dilakukan. Tetapi apakah hanya dengan membeli lagi yang dapat menyelesaikan masalah? Pada dasarnya keyboard dan mouse mempunyai daya pakai yang cukup lama, karena sebenarnya didalam keyboard dan mouse tidak banyak komponen elektronik yang bekerja. Dan kerusakan yang sering terjadi bukan pada komponen elektroniknya, melainkan pada bagian kabel, port-nya, ataupun terdapat kotoran yang menghalangi kinerjanya. Berikut akan di uraikan bagaimana cara memperbaiki keyboard maupun mouse.
Alat dan bahan yang dibutuhkan :
1. Multimeter
2. Solder
3. Tang potong
4. Penjepit (pinset)
5. Obeng (+) atau (-) kecil
6. Tenol
7. Cutter
8. Tissu atau kain lap yang bersih
Langkah-langkah memperbaiki keyboard :
1. Cek terlebih dahulu port keyboard-nya (PS2 / USB) masih baik.
2. Letakkan keyboard secara terbalik, tooth-nya berada dibawah. Jangan lupa dibagian ujung keyboard diberi ganjal agar saklar tooth-nya tidak berantakan ketika tutup keyboard dilepas. Kendorkan semua baut yang menempel di keyboard, perhatikan jenis bautnya masing-masing. Biasanya baut untuk mengencangkan board dengan papan saklar plastik yang ada dalam keyboard.
3. Potonglah kabel keyboard dekat dengan boardnya. Kemudian kupas masing-masing kabel dengan cutter, setelah itu cek masing-masing warna kabel dengan menggunakan Multimeter. Saklar Multimeter diarahkan ke Ohm, kemudian 1 kabelnya ditempelkan di kabel yang dikupas tadi, dan satunya lagi ditempelkan di pin pada port PS2/USB satu persatu, apabila jarum pada Multimeter bergerak ke kanan, berarti kabel itu tidak putus. Tetapi apabila jarumnya diam saja berarti kabel kabel itu putus. Bila putus, coba potong lagi beberapa centi kemudian dikupas kabelnya dan dicek lagi dengan Multimeter. Kalo masih putus sampai kabelnya menjadi pendek, biasanya yang terputus dibagian sambungan kabel dengan port PS2/USB-nya. Bila ini terjadi seperti ini, berarti kabel harus diganti.
4. Bila kabelnya sudah konek, selanjutnya ujung kabel itu di solder kembali diboardnya sesuai dengan urutan warna kabelnya.
5. Setelah disolder, pasang kembali board dan papan saklar plastik tooth keyboard dan dikencangkan sesuai dengan bautnya.
6. Keyboard dicoba dikomputer, dicek dapat dioperasikan atau tidak. Apabila hanya ada beberapa tombol yang tidak berfungsi berarti pemasangan board dengan saklar papannya kurang pas atau kurang kencang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar